Rabu, 03 Maret 2010

JUDUL : CURRICULUM CHANGE IN HOME ECONOMICS EDUCATION AT GWERU TEACHERS COLLEGE, ZIMBABWE, 1975-1995
PENULIS : Lois R. Mberengwa, University of Botswana dan Julie M. Johnson, University of Nebraska-Lincoln
Reviewer : Rudy Wahyono


Abstraksi

• Penelitian ini memperkaya basis sejarah pendidikan ekonomi keluarga di Zimbabwe dan dokumen perubahan kurikulum serta faktor-faktor kontektual yang mempengaruhi program pelatihan guru ekonomi keluarga pada Sekolah Guru Gweru di Zimbabwe, antara tahun 1975 dan 1995.
• Data dikumpulkan dari dokumen yang didukung dengan interview mendalam. Pengajar sekolah ekonomi keluarga Gweru dan siswa pada masanya diinterview, dan pengajar saat ini diikutsertakan dalam focus group.
• Hasil penelitian menemukan adanya perubahan administrasi dan struktural lebih mendasar dibandingkan perubahan kontektual.
• Krisis ekonomi dan politik menyebabkan lebih banyak perubahan program dibandingkan oleh perubahan yang disebabkan oleh hal-hal yang bersifat profesional.



No.
Aspek
Fokus Kajian
1.
Masalah dan Tujuan Penelitian
Latar belakang masalah: naturalistik,fakta empiris menunjukkan adanya kegalauan mengenai visi pendidikan ekonomi keluarga baik pada masa kolonial maupun pada pemerintahan kulit hitam yang tidak menyentuh persoalan dan kebutuhan pembangunan orang afrika, rendahnya kualitas SDM pada semua level. Kurang didukung teori ,tidak ada perumusan masalah, orisinalitas dan kebaruan masalah.
Tujuan penelitian : meneliti faktor-faktor kontekstual yang membentuk pendidikan ekonomi keluarga di Sekolah Guru Gweru di Zimbabwe.
2.
Manfaat Penelitian
Manfaat teoritik : terdokumennya sejarah panjang liku-liku perjalanan pendidikan di Zimbabwe
Manfaat praktik : untuk menyusun kurikulum yang tepat sesuai kebutuhan untuk peningkatan kesejahteraan, peningkatan SDM.
3.
Kajian Teori
Teori berkaitan dengan sejarah pendidikan pada masa penjajahan Britain dan setelah Zimbabwe merdeka. Relevansi teori dengan penelitian cukup karena bagi penelitian kualitatif bukan untuk mengkaji teori tetapi menemukan teori dari data. Kedalaman kajian cukup sesuai, tidak ada hipotesis (penelitian bersifat exploratif), Sumber pustaka kurang muthakir, kerangka berfikir kurang jelas.
4.
Metode Penelitian
Rancangan penelitian yang bersifat historis.
Penentuan sampel tepat dengan menggunakan informan dari pelaku yang sesuai dengan periode penelitian
Teknik pengumpulan data: pengumpulan dokumen, pengamatan berperan serta/partisipatif, Interview mendalam, focus group, observasi informal/tidak terstruktur sesuai dengan sifat penelitian kualitatif.
Instrumen penelitian : tape recorder, catatan lapangan, peneliti merupakan instrumen sendiri.
Analisis data : secara deskriptif yang sebagian besar dari wawancara, catatan pengamatan yang dianalisis untuk memperoleh tema dan pola-pola yang dideskripsikan dan diilustrasikan dengan contoh-contoh.
5.
Hasil penelitian dan pembahasan
Paparan data : disusun dalam tabel
Analisis data : deskriptif dengan mencantumkan cuplikan hasil wawancara dengan informan
Interpretasi : deskripsi variabel program struktur, enrollment,dan kurikulum yang hasilnya ditemukan faktor-faktor kontektual yang mempengaruhi pendidikan ekomomi keluarga yang terbagi menjadi tiga periode.
6.
Kesimpulan dan saran
Bentuk rumusan : merupakan uraian tentang jawaban penulis atas pertanyaan yang diajukan pada bab pendahuluan yakni adanya bukti perubahan program pendidikan dipengaruhi kondisi politik. Perubahan dapat terjadi jika ada partisipasi aktif dari mereka yang terlibat dalam pembuatan keputusan.
Konsisten dengan masalah dan tujuan
Saran : untuk pengembangan program perlu dilakukan program pelayanan jemput bola dengan kunjungan rumah ke rumah, melalui radio, media massa sehingga mampu mencapai masyarakat marginal.

0 komentar: